HAMA DAN PENYAKIT ANGGUR (JAMUR)

  • Diposting Oleh THOMASGRAPE 05 Mei 2013

    Kategori Budidaya Anggur
    HAMA DAN PENYAKIT ANGGUR (JAMUR)

    HAMA DAN PENYAKIT ANGGUR (JAMUR)

    Anggur adalah tanaman yang sangat mudah tumbuh, tidak banyak menuntut unsur hara pada media tumbuhnya walaupun dengan pemberian pupuk yang tepat pastinya akan memberikan hasil yang memuaskan. Yang dibutuhkan hanyalah media yang porous dan cahaya matahari yang optimal. Namun demikian dalam perawatannya pasti akan muncul gangguan baik dari hama maupun gangguan berupa penyakit, seperti yang diuraikan di bawah ini:



    powdery mildew powdery mildew

    POWDERY MILDEW (erysiphe necator burr)

     

    Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang bisa menyerang seluruh bagian tanaman anggur yang berwarna hijau. Jamur powdery mildew mudah menyebar terbawa hembusan angin, berjangkitnya serangan jamur ini biasanya dipicu oleh kelembaban udara yang tinggi dan sirkulasi udara yang buruk, terutama pada musim hujan saat mendung di siang hari yang hangat.

    Serangan pada daun terjadi pada permukaan daun bagian atas, jamur tumbuh membentuk bercak-bercak putih keabu-abuan yang menyebar makin meluas, daun yang terserang akan mengering atau gugur sebelum waktunya.

    Serangan pada cabang yang masih hijau akan terlihat seperti luka tipis berwarna coklat kehitaman, dan saat cabang berkayu bercak luka tersebut akan berubah menjadi coklat kemerahan. Cabang yang terserang tidak akan mengalami gangguan, hanya saja jamur yang menempel pada batang akan tumbuh hingga menghasilkan spora yang bisa membuat serangan ulang berkali-kali jika tidak segera diatasi.

    Serangan pada buah yang masih muda akan terlihat jelas berupa jamur putih yang menyelimuti permukaan buah, serangan yang berlanjut akan membuat kulit buah berubah menjadi kecoklatan dan bertekstur kasar, biasanya buah yang terinfeksi tidak bisa matang sempurna bahkan membusuk sebelum sempat menjadi besar.

    Untuk menghindari penggunaan obat-obatan berbahan dasar kimia sebaiknya dilakukan tindakan pencegahan yang bisa dilakukan dengan penjarangan daun dan cabang secara berkala pada area yang tumbuh lebat dan terlalu rapat supaya sirkulasi udara membaik dan penetrasi cahaya matahari meningkat sehingga pertumbuhan dan penyebaran jamur bisa diredam. Untuk serangan skala kecil sebaiknya bagian yang terinfeksi segera dipotong dan dibuang jauh-jauh atau dibakar.


    downy mildew

    DOWNY MILDEW (plasmopara viticola)

    Gejala yang ditimbulkan oleh serangan jamur ini bervariatif tergantung pada usia permukaan daun yang terserang. Pada umumnya spora jamur downy mildew ini menempel pada bagian bawah daun, berbentuk butiran-butiran kecil yang berwarna kuning-orange. Gejala serangan yang terjadi pada daun muda biasanya berupa perubahan warna pada permukaan atas daun yang menjadi bercak-bercak kekuningan mengkilap seperti berminyak, pada daun yang lebih tua daerah yang terserang biasanya berubah warna menjadi kuning kemerahan seperti hampir mengering dan sedikit berkerut ke atas.

    Memperbaiki drainase media tumbuhnya dan kebersihan sekitar tanaman dari rumput bisa mengurangi resiko terjangkitnya downy mildew. Selain itu sebaiknya tidak memberikan kompos/bahan organik terlalu banyak pada media tanam di sekitarnya, daun yang gugur dan sampah pruning sebaiknya tidak ditimbun di sekitar, terutama sampah yang telah terinfeksi downy mildew ini.

    Keterlambatan pengandalian serangan jamur ini akan membuatnya berkembang dan mask ke mata tunas, sehingga pada saat tunas bersemi setelah pemangkasan bisa terserang kembali dengan cepat.

    Jamur downy mildew sangat mudah menjadi kebal terhadap fungisida yang diaplikasikan terus menerus, sebaiknya gunakan beberapa fungisida secara bergantian. Serangan yang tidak terkendali dan telah meluas bisa menyebabkan sebagian besar daun gugur sebelum waktunya dan membuat tanaman menjadi stress, hal ini membuat tanaman anggur menjadi lemah terhadap serangan penyakit yang lain.


    busuk hitam busuk hitam busuk hitam


    BLACK ROT / BUSUK HITAM

    Penyakit busuk hitam ini


    Konten ini masih dalam pengeditan. Kunjungi secara berkala untuk updatenya.

Berita Terkait


2 Komentar :

    • sapto Berkata :

      13 Februari 2014 - 09:18:34 WIB

      kalau menurut bapak, fungisida yang paling mujarab untuk mengatasi serangan jamur karat apa saja pak. kalau enggan menyebutkan merk disini, bisa dikirim ke email saya ( denmasgondo@gmail.com ). terimakasih.

      regards,
      s

      Administrator

      Pak Sapto, jamur pada pohon anggur tidak bisa dibasmi dengan fungisida apapun, jadi sebaiknya dilakukan tindakan pencegahan saja sejak pemangkasan dilakukan, jadi saat tunas mulai tumbuh sudah terlindungi. Penyemprotan rutin dengan interval seminggu sekali dengan minimal 2 jenis fungisida sangat saya anjurkan, merknya boleh apa saja, yang biasa saya gunakan adalah Dithane dan Antracol.

    • dr.agus Berkata :

      21 Februari 2014 - 09:34:07 WIB

      mas thomas...untuk membasmi downy mildey pake fungisida alami bisa gak..kl bisa pake apa mas...maaf soalnya jika menggunakan fungisida kimia kuatir hasil buah terpapar zat kima berbahaya yg bersifat karsinogen...thank

      Administrator

      Maaf baru bisa membalas pak. Downy mildew dan Powdery mildew tidak bisa dibasmi pak, hanya bisa dicegah, fungisida alami atau organik bisa digunakan dengan interval penyemprotan setiap 4 hari, untuk membantu tanaman supaya tidak mudah terserang mildew sebaiknya dilakukan penjarangan jika cabang dan daun terlalu rimbun aupaya sirkulasi udara membaik.


Komentar





Cart

Rp. 0

0 ITems

Support

sms

whatsapp

BBM

wechat

Berita Terbaru

Terima kasih untuk selalu mengikuti artikel yang diterbitkan oleh Thomasgrape.   Menumbuhkan bibit anggur berupa cuttings atau yang biasa kita kenal dengan sebutan batang stek sangatlah ...


Kabar gembira untuk semua customer thomasgrape. Selama ini kebun anggur thomasgrape memang tidak dibuka untuk kunjungan umum. Tetapi sekarang dengan mulai dikerjakannya pembuatan kebun display akan ...


Anggur, terutama varietas anggur meja (table grapes) adalah buah yang dikonsumsi langsung tanpa perlu diolah. Dalam siklus hidupnya banyak sekali serangga dan kutu yang menumpang hidup padanya, ...


Produk Terbaru

Social network