MENUMBUHKAN BIBIT ANGGUR BERUPA BATANG STEK (cuttings)

  • Diposting Oleh THOMASGRAPE 25 Apr 2014

    Kategori Budidaya Anggur
    MENUMBUHKAN BIBIT ANGGUR BERUPA BATANG STEK (cuttings)

    Terima kasih untuk selalu mengikuti artikel yang diterbitkan oleh Thomasgrape.

     

    Menumbuhkan bibit anggur berupa cuttings atau yang biasa kita kenal dengan sebutan batang stek sangatlah mudah. Secara teori yang harus dilakukan hanyalah merendam bibit cuttings selama beberapa jam untuk mengembalikan kadar air dalam kambium dan kemudian bibit siap ditanam pada medianya dengan cara menancapannya, begitu saja maka dalam 1-2 minggu akan mulai terlihat tanda-tanda pertumbuhannya.

    Namun demikian, dari hasil survey yang kami lakukan pada customer Thomasgrape masih ada yang merasa kesulitan dalam menumbuhkannya. Dengan kata lain, teori yang mudah di atas ternyata masih sulit dilakukan oleh yang masih awam dalam bidang tanaman khususnya anggur. Hal ini berkaitan dengan media tanam yang kemungkinan besar terjadi perbedaan saat menyiapkannya sehingga kondisi ideal untuk pertumbuhan akar tidak tercapai.

    Selama ini mungkin hal tersebut tidak terlalu dirisaukan karena dari sekian batang cuttings yang ditanam masih ada beberapa yang berhasil tumbuh dengan baik walaupun hanya karena faktor kebetulan. Tetapi dengan makin banyaknya varietas import yang mulai dipasarkan oleh Thomasgrape tentunya hal ini berubah menjadi sebuah masalah besar jika keberhasilan menumbuhkan cuttings hanya didasarkan pada faktor kebetulan belaka. Harus ada 1 metode yang tepat dan mudah yang bisa ditiru oleh siapapun dengan tingkat keberhasilan yang tinggi tentunya.

    Berbekal 10 batang cuttings dengan varietas yang berbeda-beda, dengan dukungan informasi tambahan dari contributor Thomasgrape dan saran dari teman-teman pecinta tanaman anggur kami telah melakukan uji coba penyemaian cuttings dengan media air dalam gelas. Dan hasil akhir yang sangat menakjubkan pun didapatkan. Semua cuttings dari 10 varietas tersebut berhasil menumbuhkan akar yang sehat sehingga pada saat dipindahkan ke media tanam setiap bibit sudah siap melanjutkan pertumbuhan dengan baik.

    Berikut ini adalah penjelasan detailnya:

    Alat-alat yang dibutuhkan:
    Gelas plastik (kalau ada yang biasa digunakan untuk juice atau pop ice) karena sdh berlubang, arang kayu atau arang batok kelapa, air bersih, dan batang stek / cutting anggur tentunya.

    Mari kita mulai.

    Siapkan gelas plastik dan isi dengan pecahan arang seukuran ujung jari beberapa butir, 2-3 butir cukup. Arang ini berfungsi untuk menjaga kesegaran air tempat penyemaian supaya tidak cepat menjadi keruh atau busuk. Kemudian masukkan air hingga ketinggian 3-5 milimeter, boleh ditambahkan ZPT jika ingin melakukan percobaan lanjutan. Pasang penutup gelasnya.

    Oh ya, sebelumnya cuttings harus direndam dengan air bersih selama 6-24 jam untuk mengembalikan kesegaran dan kadar airnya. Kemudian masukkan cutting ke dalam gelas melalui lubang yang sudah ada pada bagian tutupnya, jangan terbalik, untuk bibit dari Thomasgrape bagian bawah yang menyentuh air adalah bagian yang dipotong rata, bagian yang dipotong miring menghadap atas. Nah, proses penempatan cutting sudah selesai, selanjutnya tinggal menungu perkembangan tumbuhnya akar dan tunas.

    Bibit cuttings yang disemaikan boleh dipindahkan ke media tanam setelah akar tumbuh 3-5 milimeter, media tanam tetap harus menggunakan campuran media yang porous supaya akar bisa makin berkembang dengan pesat.

    DALAM PENGEDITAN, silahkan kembali untuk update informasinya.

Berita Terkait


0 Komentar :


    Komentar





    Cart

    Rp. 0

    0 ITems

    Support

    sms

    whatsapp

    BBM

     

    Berita Terbaru

    Terima kasih untuk selalu mengikuti artikel yang diterbitkan oleh Thomasgrape.   Menumbuhkan bibit anggur berupa cuttings atau yang biasa kita kenal dengan sebutan batang stek sangatlah ...


    Kabar gembira untuk semua customer thomasgrape. Selama ini kebun anggur thomasgrape memang tidak dibuka untuk kunjungan umum. Tetapi sekarang dengan mulai dikerjakannya pembuatan kebun display akan ...


    Anggur, terutama varietas anggur meja (table grapes) adalah buah yang dikonsumsi langsung tanpa perlu diolah. Dalam siklus hidupnya banyak sekali serangga dan kutu yang menumpang hidup padanya, ...


    Produk Terbaru

    Social network